Website Resmi SMK Negeri 1 Cangkringan

Profil Sekolah

Visi dan Misi

Visi :
Terwujudnya tamatan yang berbudi pekerti luhur, terampil, tangguh, handal dan mandiri yang dilandasi iman dan taqwa.

Misi :

  1. Mendidik dan membimbing siswa menjadi tamatan yang berkualitas dan berahlak mulia.
  2. Membentuk siswa menjadi tamatan yang terampil, tangguh, handal dan mandiri.
  3. Menyiapkan tamatan yang kompeten untuk memasuki dunia kerja.
  4.  Menyiapkan tamatan yang mampu mengembangkan diri secara optimal dilandasi iman dan taqwa.

Tujuan :

  • Penyediaan fasilitas untuk pembelajaran Agribisnis Ternak Ruminansia, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian dan Tehnik Otomotif Kendaraan Ringan.
  • Mengusahakan dengan sepenuhnya pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
  • Memberdayakan seluruh komponen sekolah (stake holder) guna mendukung tercapainya peningkatan ketrampilan mengolah hasil pertanian.
  • Menyiapkan tamatan yang mampu mengembangka diri secara optimal dilandasi iman dan taqwa.

Sejarah Singkat

A.   Program Keahlian yang Dibuka

  1. Kompetensi Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Cangkringan masih sesuai dengan tujuan awal didirikannya sekolah yaitu memberikan tempat bagi putra-putri masyarakat lereng Merapi yang mencintai dunia pertanian dan peternakan untuk mengembangkan bidang tersebut sekaligus mendukung program pemerintah untuk lebih mencintai bidang pertanian sebagai kharakteristik utama bangsa Indonesia yang merupakan negara agraris ditambah dengan kompetensi keahlian baru yang masih sangat relevan dengan permintaan DU/DI. Hal ini tentunya juga disesuaikan dengan masyarakat khususnya pengguna tamatan. Dari hal tersebut diharapkan setiap tamatan nantinya akan langsung terserap sehingga akan mengurangi pengangguran. Disamping itu kebutuhan akan kualifikasi tamatan oleh dunia usaha dan dunia kerja dapat terpenuhi.
  2. Dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat sekitar dan kebijakan dari pemerintah setempat dengan mempertimbangkan kultur budaya dan kearifan lokal, maka SMK Negeri 1 Cangkringan membuka Kompetensi Keahlian sebagai berikut :
  • 1. Agribisnis Ternak Ruminansia
    2. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
    3. Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
    4. Analisis Pengujian Laboratorium

Sarana & Prasarana

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

  1.  Kelas X APHP 1
  2.  Kelas X APHP 2
  3.  Kelas X APHP 3
  4.  Kelas X APHP 4
  5.  Kelas X APL 1
  6.  Kelas X APL 2
  7.  Kelas X ATR 1
  8.  Kelas X ATR 2
  9.  Kelas X TKRO 1
  10. Kelas X TKRO 2
  11. Kelas XI : 10 rombel yang sama
  12. Kelas XII : 10 rombel yang sama
  13. Total kelas ada 30 rombel
  1.  Ruang Kepala Sekolah
  2.  Ruang Tata Usaha
  3.  Ruang Lobi
  4.  Ruang Guru
  5.  Ruang Osis
  6.  Ruang BK/BP
  7.  Ruang Piket
  8.  Ruang Gudang
  9.  Ruang Satpam
  10.  Ruang UKS
  11.  Ruang Seni
  12.  Ruang Server
  1.  Lab Komputer
  2.  Perpustakaan
  3.  Masjid
  4.  Green House
  5.  Parkir
  6.  Musholla Guru
  7.  WC Guru
  8.  WC Laki-laki
  9.  WC Perempuan
  10.  Koperasi
  11.  Kantin
  12.  G. Olahraga
  13.  Panggung Terbuka

Struktur Organisasi

Struktur organisasi sekolah akan kami update disini

Kepala Sekolah

Dra. Nurlatifah Hidayati, M.Hum

Lahir di sleman, 13 Mei 1969.

Lulus SMA 1987 melanjutkan kuliah di IKIP Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Bahasa Inggris lulus tahun 1992.

Mulai menjadi guru SMK tahun 1993. Melanjutkan kuliah S 2 jurusan Linguistik di Univetsitas Gadjah Mada Yogyakarta lulus tahun 2006.

Program Kerja

Program Unggulan

1. Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN)
2. Mengembangkan Sikap dan Kompetensi Keagamaan
3. Mengembangkan Potensi Siswa Berbasis Multiple Intelligance
4. Mengembangkan Budaya daerah
5. Mengembangkan Kemampuan bahasa dan Teknologi Informasi
6. Meningkatkan Daya serap Ke Dunia Kerja

Program Pengembangan Sarana Prioritas

1. Membangun 5 Ruang kelas Belajar dengan konstruksi bangunan 3 tingkat
2. Membangun 1 ruang Belajar di lantai 2 gedung lama
3. Membangun Ruang Lab Praktek 3 buah
4. Pembangunan Kantin Siswa
5. Perbaikan dan Pengecetan Lapangan Olah Raga
6. Pengembangan Jaringan Infrastruktur LAN (Intranet dan Internet)
7. Pengembangan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
8. Melengkapi Sarana dan Prasarana Perpustakaan dan Lab Komputer
9. Renovasi Aula
10. Renovasi Tampilan Depan Skolah/Gerbang Sekolah
11. Melengkapi alat praktek

Kondisi Siswa

Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di sekolah kami :

Komite Sekolah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:

Prestasi Siswa